26/03/18

#Moodyarhood: Tugas Domestik, Siapa yang Kerjain?

Saya nulis kali ini dalam rangka ga mau kalah sama pak suami yg lagi upgrade ilmu perkopiannya. Jadi saya mau nyoba nulis lagi haha Tapi engga sih. Saya baru aja sadar kalau udah lama bangetttt ga nulis dan blog saya masih STD banget alias standar!

Sebagai orang yg perfeksionis, biasanya saya mau rapiin blog dulu sebelum nulis biar pas tulisannya udah nangkring di blog, blognya udah kece. Tapi tapi tapi, Ibu dari bayi 5 bulan yg lg posesif ini belajar kl nunda pekerjaan semenit, akan tertunda selama berbulan bahkan bertahun-tahun. Haha lebay. Jadi skg mau mengolah pikiran jadi tulisan sebelum menguap tanpa hasil yang mengesankan #apalah . Dandanin blog-nya nanti aja deh :p

Lah intronya jadi panjang. Oke oke skg masuk ke inti. Jadi baru aja follow IG mba @byputy dan ku langsung jatuh cinta abisnya gambar-gambarnya lucu dan menggemaskan! Nah, ga sengaja liat instastory-nya posting giveaway ngeblog #Modyarhood tentang Pembagian Tugas di Keluarga. Ku jadi pengen ikutan karena mau dapet hadiah #mamakcintagratisan wakaka

Oke mulai. Dulu sebelum nikah, saya udah terbiasa ngerjain kerjaan rumah tangga walaupun ga banyak. Jadi Ibu saya itu ngajarin, walaupun di rumah ada ART, saya tetep ga boleh malas ngerjain kerjaan rumah. Jadilah saya tim bebenah kamar sendiri dan bersihin kamar mandi. Nah baiknya pas udah nikah, saya ga kaget2 banget jadinya untuk ngerjain semua tugas domestik. Pas lg hamil smp 8 bulan saya jg msh masak, nyuci, ngepel, nyetrika, dan bebenah rumah sendiri. Itu yg bikin saya gabisa banget liat rumah berantakan. Pokoknya ninggalin rumah harus dalam keadaan bersih.

Nah, kalau suami berada pada kutub yg berbeda. Gak apa rumah berantakan yang penting keharmonisan rumah tangga terjaga dan anak keurus haha ini yang kadang bikin sang istri mengeluarkan tanduknya xD Nah, kagetnya berasa setelah melahirkan. Ga bisa ngapa-ngapain, cyin! Akhirnya kami memutuskan untuk bagi tugas. Saya tetep punya porsi lebih untuk ngerjain kerjaan domestik, suami bantu beberapa seperti nyuci piring, bersihin kamar mandi, dan jaga anak. Tp ternyata tidak berlangsung lama sodara-sodara~ Kenapa? Karena suami udh capek kerja saat weekday dan ngurus bisnis saat weekend. Sementara saya harus standby 24/7 buat bos baru (re: bayi). Daripada rumah ga keurus dan ngeliat rumah berantakan saya jadi rungsing terus, akhirnya kita mutusin untuk pakai ART yg kerja 3 hari dalam seminggu. Walaupun masih agak riweuh saat si teteh ga dateng, tapi saya jadi terbantu banget untuk ga nyuci baju saya dan suami, jemur, nyapu, ngepel, dan nyetrika.

Awal-awal saat hari di mana teteh ga dateng emang masih ngerasa cape banget dan butuh suami langsung menawarkan bantuan tanpa saya harus bilang atau kirim kode-kode butuh bantuan. Walaupun sebenernya standar beres & bersih saya sama suami bedaaaa banget. Tapi mikir lagi, suami udah cape kerja dan kasian kalau harus ngerjain tugas domestik. Jadi saya ga maksa dia harus kerjain tugas di rumah, kalaupun tiba-tiba dia bantuin nyuci piring atau masak, itu jadi "bonus" buat saya. Dan biar ga cepet ngeluh, saya rubah mindset ngerjain kerjaan rumah bukan biar rumah bersih terus, tapi biar dapet bayaran pahala. Uwow! Tapi ngerjainnya harus ikhlas. Itusih yg kadang masih suka susah huehe

Jadi yaa kalau di keluarga kami, suami bertugas sebagai pencari pundi-pundi rupiah dan main sama anak, biarkan dia longgar dalam tugas domestik. Sementara istri megang peran dominan ngurus anak & rumah (dan berharap sering-sering dapet "bonus" dari suami saat libur #teteeep haha)

Dan alhamdulillah banget dapet ART baik, jujur, dan resik. Karena susyah banget cari ART jujur jaman now buibukk~

Jadi mau #TimART atau #TimgapakeART itu tergantung kondisi rumah tangga masing-masing. Yang penting rumah nyaman, aman, anak keurus, dan suami istri tetep waras xD

Btw, terima kasih mba @byputy & @mamamolilo udah bikin saya nulis lagi dan bolak-balik ngurus blog yg lupa password di saat bayi tidur-bangun-tidur lagi :'D Salam kenal! :)

1 komentar:

  1. setuju banget sama "kasih kelonggaran dalam tugas domestik" buat suami karena kerjaannya juga sama2 nguras tenaga, bahkan lebih hehe semangat Ibu :')

    BalasHapus